Cari Blog Ini

Senin, 04 Juni 2012

Modifikasi Jimny 4x4 tahun 84

"Bebebrapa kendaraan boleh saja mengklaim telah menciptakan sejarah di dunia, namun Jimny memiliki tempat tersendiri dihati penggemarnya," ujar General Manager Suzuki Australia, Tony Devers seperti dikutip dari Autoevolution

Suzuki Jimny........ merupakan salah satu mobil sejenis Jeep yang tidak bisa dipandang sebelah mata....
Meskipun hanya menggendong mesin 1000 cc, tetapi tetap tangguh melibas medan yng terjal dan berat sekalipun.
 Mengingat tahun produksinya yang sudah cukup lama, maka tidak heran jika banyak mobil Jimny yang beredar di Indonesia sudah mulai membutuhkan perawatan di sana sini. Di sinilah peranan para "Modifikator" untuk membangun kejayaan Jimny agar tidak sampai pudar tergerus jaman.
Perbaikan Body dan Pengecatan ulang
Dari sebuah mobil lansiran tahun 80-an, tangan-tangan dingin para modifikator bisa menjadikannya sebuah mobil andalan yang bisa membuat banyak orang ingin memilikinya.

Pada garis besarnya, bagian-bagian yang dilakukan modifikasi agar tampak segar dan gagah kembali adalah:
1. Kaki-kaki
    Pada bagian kaki-kaki, yang sering dilakukan adalah mengganti anting yang terhubung dengan per daun
    sehingga body mobil lebih tinggi dan didukung dengan velg + ban yang sesuai. Lebih bagus lagi apabila
    di roda depan dipasang juga "free lock" untuk membuat gardan depan tidak ikut berputar apabila tidak
    diperlukan.
2. Body mobil dan accessories tambahan
    Selain memperbaiki plat body yang sdh keropos beserta pengecatan, sekarang banyak sekali accessories
    mobil Jimny dijual di pasaran yang bisa mendukung meningkatnya tampilan.
    Berikut adalah bagian-bagian mobil yang paling sering di modifikasi yaitu:
    a. Overfender, sejenis selebor dari bahan karet ataupun plastik yg dipasang dibody tepat di atas ban
    b. Tutup tanki
    c. Bemper, baik depan maupun belakang
    d. Grill, ada sebagian orang yang senang menggunakan Grill model Caribian 
    e. Spion TJ
    f. Pengunci Kap
    g. Lampu tembak, yang banyak bermanfaat pada waktu perjalanan malam
    h. Antena TJ
    i. Roll Bar, untuk menjaga keamanan penumpang apabila mobil terbalik
    j. Jok Racing
   k.Tempat ban serep custom
    l.  Angsang sate (penutup ventilasi udara)

Anting
Freelock

Tutup Tanki
Overfender
Grill Model Caribian
Bemper Custom
Spion TJ
Pengunci Kap
Lampu tembak JEEP
Antena TJ
Roll Bar

Jok Racing



Angsang Sate
Tempat Ban Serep
3. Mesin
    a. Penggantian kabel busi racing
    b. Penggantian sistem platina menjadi CDI
Kabel Busi Racing
 4. Lain-lain
    a. Penggantian rem standart menjadi booster, untuk penyempurnaan sistem pengereman
    b. Pemasangan power steering
    c. Biar lebih mantab, knalpot + headernya diganti dengan yang lebih oke
Booster Rem
Nah.... dengan adanya modifikasi seperti diatas, maka Jimny 4x4 lansiran 84 sekarang siap untuk digunakan mantenan, jalan-jalan, atau bahkan offroad sekalipun. Jimny gitu loh........

38 komentar:

  1. Abis berapa dananya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sdh mampir mas Eko
      Mengenai Jimny ijo saya, aq ngga bangun mobil dari awal om....
      Dari pemilik sebelumnya sdh dipotong dan dibuat kanvas seperti itu. Waktu saya tanya biayanya "Wah... banyak mas.. ngga' sempat hitung, itupun bangunnya bertahap" kata orangnya.

      Tapi dari poto2 nya bisa di kalkulasi kok biaya yg diperlukan. Semua material juga banyak dijual d tokobagus (biasanya aq beli via online) seperti spion, grill, freelock, lampu tembak jok, dan pernik2 lainnya.

      Paling yang beda adalah ongkos las dan cat mobil, itupun sesuai dengan selera masing2. Info temen2 yg potong body + cat sih sekitar 15 jt-an sdh mirip sierra

      Semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Saya tinggal di Gresik om... di dekat Satlantas Gresik. Monggo kalo mau mampir

      Hapus
  2. infirasi nya mantap mas thx ya ....

    BalasHapus
  3. ban sama pelek habis berapa mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ban MT per biji sekitar 900-an om.... kalo Komodo per biji 1,2 jt-an. Velg tergantung model om... sesuai selera. cari yg R15

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mantap skali tuh mobil hasil kreatifitasnya, mas...
    Jgn lupa terus berbagi informasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip... semoga bisa menginspirasi

      Hapus
  6. mas itu fendernya punyanya feroza ap memang sudah ad yg jual kayak gitu .??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya taft gt om.... mungkin sama dengan feroza. Spakbor nya nanti disesuaikan dengan bentuk fender (yg asli kan bentuknya bulat)

      Hapus
  7. mas seno, kira2 dng ukuran ban segitu tarikannya masih kuat ga ya? punya saya sj410 thn 87 standart, kalo pake ban MT or Komodo mesinnya ngos2an ga ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada masalah mas.... kan memang ngga buat kebut-kebutan. Buat adventure di hutan juga masih sanggup kok (wajib 4x4 aktif). Kalo pingin lebih enak buat medan berat "Final Gear" bisa diganti yang 841

      Hapus
  8. Mas saya punya sj410 thn 84,.
    Kalo gk pake 4x4 buat nanjak kok lemah bgt ya,..
    Trus kalo buat engine spya lebih garang kira2 ap saja ya yg hrus di ganti,..,??
    Mksh sblm nya mas,..

    BalasHapus
  9. Mas saya punya sj410 thn 84,.
    Kalo gk pake 4x4 buat nanjak kok lemah bgt ya,..
    Trus kalo buat engine spya lebih garang kira2 ap saja ya yg hrus di ganti,..,??
    Mksh sblm nya mas,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jimny kan cuman 1000 cc om.... jadi kalo buat nanjak andalannya cuman gigi 1 aja. Kalo 4x4-nya diaktifkan baru bisa main di gigi 1 s/d 3 apalagi kalo bannya ganti besar. Kalo buat mesin lebih garang salah satu alternatifnya bisa main di pengapian. Ganti platina menjadi CDI, setelah itu koil + kabel busi diganti yang performa tinggi.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  10. Ooo begitu ya mas,..
    Mksh atas infonya..,
    Kira2 CDI koil + kabel busi ngabisin dana brpa ya mas,,??

    BalasHapus
  11. Ooo begitu ya mas,..
    Mksh atas infonya..,
    Kira2 CDI koil + kabel busi ngabisin dana brpa ya mas,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung merk-nya mas.... banyka macamnya

      Hapus
  12. Mantabe mas..
    saya jiga lagi mbangun jimny 84 mas..biar kelihatan garang..body standart dikasih anting ukuran berapa ya? Saya pakai Ban 30..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai selera... pingin setinggi apa. Disamping anting, per daun juga di roll pak...

      Hapus
  13. om pgn tanya nih, saya punya feroza '95 masih memakai per daun..bisa tidak di rubah jadi per keong? kira2 memakan dana brp om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di tangan modifikator sih bisa aja mas.... mungkin disainnya bisa mengacu punya Taft Rocky. Secara model dan bodynya kan mirip :)

      Hapus
  14. Balasan
    1. Terima kasih mas... untuk menyalurkan hony... hehehe..

      Hapus
  15. Mas Seno, Bengkel Jimny di Gresik dimana ya? yang sekaligus bisa mengarahkan???!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencana mau merubah tampilan atau performa mesin mas?

      Hapus
  16. Manteb mas katana sampian... Jozss gandooossss

    BalasHapus
  17. Mas overfender yang seperti di gmbar ada ga ya? mohon kasi info.. kalau ada ada sy mau pesen..

    BalasHapus
  18. maaf itu over fender beli dimana ya (harganya) kang,,, ok banget sederhana tapi mantap, makasih

    BalasHapus
  19. mas, mau tanya di bengkel area Gresik yang spesialis katana dimana ya?

    BalasHapus
  20. Mas, Seno! Izin tanya nich, tu masang fendernya ada ubahan gak di fendernya atau hanya pada spakbornya aja? Trimz Kang, atas responnya. Suksez slalu, Amiin!

    BalasHapus